Home » » Mau Tahu Lebih Banyak???

Mau Tahu Lebih Banyak???

Terkait artikel sebelumnya yang berjudul "Sebelang menggandeng air, sebelah lagi menggandeng kotoran... kok bisa y?" ini tambahan artikel agar lebih paham. :)

Ada hal penting lain yang diperbuat oleh sabun: Bahan ini menjadikan air lebih basah. Artinya, sabun membantu air merasuk kedalam semua ceruk dan celah benda apa pun yang sedang dicuci.
Molekul air memiliki daya lekat ayng luar biasa dengan sesama. Akibatnya, sebuah molekul air dipermukaan sebuah badan air tertarin dengan kuat sekali oleh molekul-molekul lainnya di bagian lebih dalam. Sekarang, formasi paling kuat yang bisa dibentuk oleh sesedikit mungkin molekul air adalah bentuk bola; bangun bola memiliki luas permukaan paling kecil dibandingkan dengan bangun-bangun lain. Itulah sebabnya air membentuk titik-titik air seperti bola ketika mereka memperoleh kebebasan untuk berbuat demikian, msalnya ketika jatuh berupa hujan.
(Dalam dua dimensi, itu sebabnya para pioner Amerika dahulu "melingkarkan gerobak-gerobak" untuk berjaga terhadap perlawanan penduduk asli; garis pertahanan mereka terhadap serangan dari luar akan lebih panjang andaikata gerobak-gerobak dipasang membentuk formasi bujursangkar).
Gaya tarik kearah dalam yang dialami oleh molekul-molekul disuatu permukaan zat cair disebut "tegangan permukaan". Ini karena molekul-molekul permukaan, sedikit banyak, berbeda dari molekul-molekul di bagian lebih dalam.
Di bagian dalam suatu zat cair, sebuah molekul ditarik oleh sesama molekul diatas, di bawah, dan di sekelilingnya, dan semua gaya tarik tadi saling meniadakan. Tapi, sebuah molekul tepat di permukaan ditarik oleh molekul-molekul disekelilingnya kecuali dari atas; ini menyebabkan gaya tarik kebawah yang tidak memiliki lawan untuk mengimbangi. Akibatnya molekul-molekul di permukaan memiliki kelekatan lebih kuat dengan sesama molekul lainnya. Air seperti memiliki sebaris lapisan kencang dipermukaannya. Benda-benda kecil dan ringan bahkan dapat berbaring santai di permukaan tanpa menembus lapisan yang seperti "kulit" itu. Itu sebabnya laba-laba air dapat berselancar ria dipermukaan air yang tenang.
Coba masukkan sabun. Molekul-molekul sabun merusak tegangan permukaan air karena menyesaki permukaan air dengan kepala-kepala mereka yang penggemar air sementara ekor-ekor yang penggemar minyak menjulur keatas. Selain melemahkan ikatan diantara sesama molekul air, gabungan molekul sabun dan air juga menerima benda-benda lain dengan tangan lebih terbuka.....termasuk jarum yang semula dapat kita apungkan di permukaan air.

COBA DEH! karena tegangan permukaan, kita dapat merebahkan sebatang jarum jahit pada permukaan air dalam sebuah ember. Turunkan jarum itu pelan-pelan dengan bantuan sepasang tusuk gigi atau korek api.
Setelah puas menyaksikan jarum itu menikmati permukaan air yang tenang, taburkan beberapa butir bubuk deterjen ke dekatnya, tetapi jangan sampai seperti menjatuhkan bom. Deterjen lebih ampuh dibandingkan sabun dalam merusak tegangan permukaan. Setelah sebagian deterjen larut, jarum akan tenggelam ke dalam air.

Related Articles



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My World Is Yours

0 comments:

 
Copyright © 2011. My World Is Yours - All Rights Reserved
Template Modify by My World Is Yours
Proudly powered by Blogger