Home » » Semut, Laba-laba dan Lebah

Semut, Laba-laba dan Lebah

Semut, Laba-laba dan Lebah
Semut menghimpun makanan sedikit demi sedikit tanpa henti-hentinya. Konon, binatang kecil ini dapat menghimpun makanan untuk bertahun-tahun sedangkan usinya tidak lebih dari satu tahun. Kemauaannya  sedimikian besar sehingga ia berusaha dan seringkali berhasil memikul sesuatu yang lebih besar dari pada badannya, meskipun sesuatu itu tidak berguna baginya.
Laba-laba memiliki sarang yang paling rapuh, itu bukan tempat yang aman, apapun yang terjerat disana akan disergapnya. Jangankan serangga yang tidak sejenis, jantannya pun setelah selesai berhubungan disergapnya untuk dimusnahkan oleh betinannya. Telur-telurnya yang menetas saling berdesakan hingga dapat saling memusnahkan.
Adapun lebah, memiliki insting dan sarangnya berbentuk segi enam bukannya segi lima atau empat agar tidak terjadi pemborosan dalam lokasi. Yang dimakannya adalah kembang-kembang dan tidak seperti semut yang menunpuk - numpuk makanannya , lebah mengolah makanannya dan hasil olahannya adalah lilin dan madu yang sangat bermanfaat. Mereka sangat disiplin, mengenal pembagian kerja dan segala yang tidak berguna dari sarangnya disingkirkannya. Lebah tidak mengganggu kecuali ada yang mengganggunya, bahkan sengatannya pun dapat menjadi obat.

Sikap hidup manusia seringkali diibaratkan dengan berbagai jenis binatang.
Binatang = Manusia - Nurani
Jelas ada manusia yang berbudaya semut yakni jenis manusia yang menghimpun dan menumpuk ilmu (tanpa mengolahnya) dan materi (tanpa disesuaikan dengan kebutuhannya). Budaya semut adalah budaya menimbun yang disuburkan dengan budaya mumpung.
Entah berapa banyak jumlah laba-laba yang ada di bumi (mungkin juga termasuk kita ini), yaitu tidak lagi butuh berpikir apa, di mana, dan kapan ia makan, tetapi yang mereka pikirkan adalah "siapa yang akan mereka jadikan mangsa".
Lebah tidak memakan kecuali yang baik, tidak menghasilkan kecuali yang berguna / bermanfaat dan tidak pula merusak sesuatu yang ada disekitarnya.
Dapatkah kita menjadi ibarat lebah, bukan semut apalagi laba-laba....???

Sumber : - 

Related Articles



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di My World Is Yours

0 comments:

 
Copyright © 2011. My World Is Yours - All Rights Reserved
Template Modify by My World Is Yours
Proudly powered by Blogger